Kamis, 11 Oktober 2012

KHASIAT BUAH MANGGA

Posted by Berkhasiat.com Hari Kamis, 11 Oktober 2012 0 komentar
Sekarang gilirannya Khasiat Buah Mangga setelah sebelumnya kita membahas Khasiat Buah kelapa. Buah mangga adalah salah satu jenis buah yang sangat populer. Setiap orang pasti mengenal jenis buah yang satu ini, bahkan setiap kalangan mungkin sangat menyukai jenis buah ini. Buah ini juga dapat di proses jadi berbagai macam makanan dan minuman. 
Buah yang bernama latin "MANGIFERA INDICAINI" banyak yang mengatakan berasal dari india, mungkin dilihat dari namanya juga.
Buah mangga juga memiliki banyak jenisnya, ada yang mengatakan setidaknya didunia terdapat 2000 jenis buah mangga, mungkin yang paling populer adalah jenis buah mangga harumanis, mangga manalagi, mangga kopek ataupun mangga golek.

Setiap orang yang memakan buah mangga mungkin sebagian besar tidak mengetahui apakah sebenarnya khasiat buah mangga. Buah yang satu ini tentu lah memiliki banyak khasiat. Apalagi dilihat dari kandungan-kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah mangga, seperti  asam pantotenat, besi, betakaroten, folat, fosfor, gula, kalium, kalsium, karbohidrat, lemak, magnesium, niacin, protein, riboflavin, seng, thiamine, vitamin A, vitamin B6 dan juga vitamin C.
Khasiat Buah Mangga

Khasiat Buah Mangga

Dari kandungan-kandungan tersebut, memang sangat diyakini buah mangga memiliki khasiat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah khasiat buah mangga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita:

  1. Khasiat buah mangga dapat melancarkan pencernaan, ini karena buah mangga memiliki kandungan asam galat yang sangat baik untuk saluran pencernaan. Kandungan enzim yang terdapat dalam buah mangga juga dapat membantu proses pencernaan dan juga membantu pemecahan protein. Selain itu, hal ini juga sangat mampu untuk mencegah sembelit dan menenangkan perut.
  2. Khasiat buah mangga dapat menjaga kesehatan mata, ini karena buah mangga merupakan sumber vitamin A dan flavanoid seperti betakaroten, alfakaroten dan beta cryptoxanthin. Menurut hasil sebuah riset kandungan ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti gatal-gatal pada mata, rabun ayam, kekeringan pada mata, pelunakan kornea dan juga mencegah kebutaan malam.
  3. Khasiat buah mangga dapat menurunkan kadar kolesterol, ini karena buah mangga kaya akan prebiotik serat makanan, seperti serat yang sangat tinggi, pectin dan vitamin C. kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, terutama kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein).
  4. Khasiat buah mangga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan memori, ini karena buah mangga mengandung asam glutamin yang sangat baik untuk meningkatkan memori ataupun konsentrasi dan juga dapat membantu sel-sel aktif.
  5. Khasiat buah mangga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, ini karena buah mangga mengandung vitamin C yang memiiki fungsi untuk menjaga dan memicu kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C juga dapat membantu menyarap zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin, suatuu zat yang dapat memicu kanker.
  6. Khasiat buah mangga dapat mengurangi resiko terserang stroke, ini karena buah mangga dapat mengontrol tingkat homocystiene dalam darah. Selain itu buah mangga juga mengandung kalsim yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat mengontrol detak jantung juga mengaktifkan kontraksi otot dan tekanan darah. Kalium dalam buah mangga sangat memadai yang dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko terserang stroke.
  7. Khasiat buah mangga dapat melawan kanker. Berdasarkan para ahli buah mangga merupakan sumber karotenoid yang biasa disebut crytoxanthin dan berfungsi sebagai bahan untuk melawan kanker. Senyawa antioksidan dalam buah mangga juga dapat melindungi terhadap kanker usus besar, kanker payudara, leukimia juga kanker prostat.
  8. Khasiat buah mangga dapat mencegah diabetes. dalam satu buah mangga mengandung 31 gram gula. Namun, pada saat yang sama kadar glikemik rendah. Dan ini berarti buah mangga tidak mempengaruhu kadar gula dalam darah sehingga terjauh dari penyakit diabetes.
  9. Khasiat buah mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini karena buah mangga merupakan sumber vitamin B6(pyridoxine), vitamin C dan juga vitamin E. kandungan ini dapat membantu tubuh menjadi rentan terhadap infeksi dan radikal bebas yang berbahaya.
  10. Khasiat buah mangga dapat meningkatkan dorongan seks, ini karena buah mengandung vitamin E yang mampu mengatur hormon seks didalam tubuh. Hal ini lah yang dapat meningkatkan libido dan menyebabkan dorongan seks meningkat.

Khasiat Buah Mangga

Terdapat masih banyak lagi khasiat buah mangga. Khasiat buah mangga dapat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya seperti radang kulit, influenza, asma, radang tenggorokan, bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.
Dan itulah tadi khasiat buah mangga yang sangat baik untuk kesehatan. Buah yang kadang disajikan dalam rujak ataupun bisa dibuat jus ternyata memiliki segudang khasiat dan manfaat yang sangat baik. Semoga tulisan khasiat buah mangga ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya. Baca juga artikel kami selanjutnya tentang Khasiat Buah Manggis dan Terimakasih telah membaca Artikel ini tentang khasiat buah mangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar